Koperpacker (Backpacker) : Bali #Part1

Assalamu'alaikum
Hallo!
Kuta and Dreamland Beach from GWK taken by me
Akhir bulan januari lalu tepatnya tanggal 30 Januari 2015, saya dan teman saya (Himmah) kita memutuskan untuk ber-backpacker ria ke Bali, ya maklum lah mahasiswa kampus anti-mainstream UASnya ngaret banget, kampus lain udah masuk kuliah kita malah baru mau UAS, ya begitulah kampus saya.

Kenapa Bali? Sempat kita berencana backpacker ke luar negeri, tapi budget belum sampai, juga kita ini newbie banget masalah backpacker, terlebih saya perjalanan paling jauh cuma sampai mana doang, maklumlah anak perempuan sendiri di rumah, jadi di-ma-n-ja banget. Kita memilih Bali, karena lumayan dekat, ada teman di Bali, juga budget untuk hidup disana lumayan cocok dikantong, dan banyak tempat hits yang ingin saya kunjungi disana.

Bisa dibilang perjalanan kita kali ini semi-backpacker yah, karena pertama kita nggak pake backpack tapi pakai koper, hahaha...ya maklum cewek, rempongnya bukan main nggak bisa banget bawa barang dikit, yang kedua memang kita pas hari pertama nginep di losmen tapi hari kedua dan seterusnya kita nginep di rumah teman otomatis budget untuk bermalam+makan+transportasi kepangkas, ini untungnya tinggal di pesantren, punya teman dari berbagai daerah, temannya sudah kayak saudara sendiri, Thankyou Sari and Maris for your hospitality, nice to meet you again girls :) Ohiya kita juga ngafe disana, kebiasaan ‘sok hits’ ini yang membuat budget backpacker jadi semi-backpacker, hiks.

Pada postingan kali ini memang niat, saya membagikan info terbaru untuk backpacker ke Bali, juga sekalian ngasih tips-tips buat mbak-mbak yang mau berbackpacker ke Bali. Secara pengalaman cuma berdua saja, berjilbab semua ke Bali, ini termasuk one of moment that i can’t believe i can do it (heleh, oposih).

Untuk perjalanannya sendiri kita pakai cara backpacker, dimana kita rela banget berpindah-pindah transportasi umum, jadi ini rute untuk ke Bali dari Jogja dengan rincian budget, dan waktunya.
·         Kereta Sri Tanjung Jogja (Lempuyangan) - Banyuwangi (Banyuwangi Baru)
07.20-20.30 dengan harga tiket 110rb, 130rb, 150rb, 170rb.
Btw, kereta menuju banyuwangi cuma ada Kereta Sri Tanjung saja, jadi kalau telat terima nunggu hari yang lainnya, juga nggak bisa pesan kereta ini via Indomaret, idk, 2x saya ke Indomaret nggak bisa, mending ke utiket.com saja, dapat diskon pula.
·         Dari Stasiun Banyuwangi Baru menuju Pelabuhan Ketapang cukup jalan kaki saja, deket soalnya, rugi diongkos pake angkutan mah, 10 menitan doang.
·         Penyebrangan ferry dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk cukup membayar 8rb saja. 24 jam ada penyebrangan dengan estimasi penyebrangan kurang lebih 1jam.
Kita memilih nyebrang jam 12 malam kita habiskan waktu menunggu dengan leyah-leyeh di Masjid depan Pelabuhan Ketapang, agar saat sampai Gilimanuk kita bisa dapat Bus kecil menuju Terminal Ubung. Fyi, bus kecil baru jalan jam 3 pagi.
·         Dari Pelabuhan Gilimanuk keluar ke arah pengecekkan KTP, lurus sedikit saja nanti ada terminal yang menampung Bus Kecil ke arah Terminal Ubung, jangan pakai Bus besar karena entah sejak kapan, Bus besar di arahkan ke Terminal Mengwi, dimana Mengwi itu jauh dari Kuta dan sepi. Estimasi waktu Gilimanuk-Ubung 3jam. 40rb.
·         Setelah sampai Ubung, terserah pakai transportasi apa, mau pakai halte sarbagita, atau angkot (nyarter/sewa) yang pasti Halte Sarbagita nggak dekat dengan Terminal Ubung. Kita kemaren menggunakan angkot, karena be careful yah guys di Ubung ini para kenek angkot dan supir taksi nge-interview kita lebih parah daripada para wartawan, rebutan, main gotong barang orang dibawa ke angkutannya langsung, bahkan kata teman saya, ada yang dibawa lari barangnya. Jangan pakai taksi, itu mahal banget, dan merusak budget backpacker. Estimasi terminal Ubung ke Kuta (Jalan Legian, Bom Bali 2) 30 menit. 50rb. Ini kita ceritanya ZONK, tapi bagaimana lagi, sudah bingung bangun tidur ditarik-tarik sama kenek-supir pula.
Juga, ada beberapa blogger yang jadi kitab kita saat backpacker, berkata lebih baik menggunakan Sarbagita karena murah, memang iya, tapi kalau tujuannya ke Patung Dewa Ruci lalu ke Kuta dengan jalan kaki, saran saya jangan ya mbak, karena jarak Halte Patung Dewa Ruci dengan Kuta jauh sekali (mungkin kalau untuk mas-masnya sanggup).
·         Dari monumen Bom Bali 2, jalan saja ke Poppies 2 untuk menuju ke Losmen.

Untuk mempermudah kalian berikut rincian dana transportasi yang kita keluarkan saat berangkat dari Jogja ke Bali :
Kereta                                      170rb
Ferry                                          8rb
Bus Gilimanuk-Ubung              40rb
Angkut Ubung-Kuta                 50rb
Total                                        268rb

Perjalanan pulang sedikit berbeda cara nya, karena kita diantar orang tua Sari dari rumahnya menuju Terminal Ubung, juga kita langsung menggunakan Bus Akas tujuan Jember tapi kita turun di Ketapang, dengan harga normal 150rb tapi kita minta potongan karena kita cuma setengah jalan.
Kereta                                    130rb
Bus Akas             75rb (sudah termasuk ferry)
Total                                        205rb

Total PP Jogja-Bali                 473rb

See! Murah ya, ini lebih murah ketimbang menggunakan bus, dimana sekali jalan habisnya 350-400rb, dengan pesawat jika sedang ada promo bisa cuma 100rb-300rb saja sekali jalan, tapi harga normalnya 800rban.

Sekian informasi transportasi Jogja-Bali backpacker ala kita, next post saya akan membahas losmen dan tips-tips untuk mbak-mbak yang ingin berbackpacker.

Thankyou
Wassalamu’alaikum

25 comments:

  1. jadi ingat jaman kuliah dulu ... mbak (cciieehh mbak lah) kuliah di Malang, menetap di Bali (Singaraja), awal kuliah pulang ke Bali masih naik BUS MALAM, tapi dengan berjalannya waktu ... ternyata pulang ke Bali beramai2 dengan teman2 naik bus antar kota sangat menyenangkan ... dddaann tentunya irit !!! ditunggu postingan jalan2 di Balinya ya dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, duh mbak enak banget menetapnya di Bali, iyaa mbak seru kalau bareng-bareng sama temen, iyaa mbak thankyou ya sudah mampir blogku, salam kenal juga :D

      Delete
  2. Duuuh, makasih mbak Atika udah sharing cerita wisata hemat ke Bali:D
    Jadi ada bayangan dikit-dikit tentang transportasinya, soalnya paling males mikirin soal itu sih. Kalo sama ortu enak, tinggal ngikut haha. Ditunggu tips-tips selanjutnya ya:)

    xx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, sama-sama :D
      Haha, iya kalau sama ortu sih terima jadi aja ya, tapi nggak papa sekali-kali pergi sama teman, feelnya beda loh, okay Tia, thankyou ya sudah baca postku :D

      Delete
  3. Nice info mba, jadi pingin mencoba backpackeran bareng krucilsku naik kapal laut ... Lam Kenal Ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak, hihi enak mbak backpacker, tapi kalo sama adek-adek kasian nanti capek, anw terimakasih sudah main ke blog dorayaki ya mbak :D

      Delete
  4. Mba klo untuk 2 orang backpacker dr jakarta ke bali untuk 1 minggu kira2 perlu budget berapa ya.

    ReplyDelete
  5. Haduh, maaf ya baru buka blog, tinggal ditambah tiket dr jakarta ke jogja jogja ke jakarta, trus penginapan dikali kan seminggu :)

    ReplyDelete
  6. mlm mbak, sy mau tny kalau ke bali dari Jakarta lebih hemat naik kereta ke surabaya dlu atau ke jogja, ya walaupun ujung nya sm naik sritanjung transit. Dan budget kira2 brp ya untuk 3-4 harian kesana, trims. Salam backpaker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru reply, hehe, coba perbandingkan harga saja, cek lewat tiket.com atau utiket, kemungkinan lebih cepatnya lewat surabaya, tapi bisa jadi sama saja karena kereta menuju banyuwangi hanya satu yang berangkat dari jogja. Untuk budget tergantung kebutuhan masing-masing, dan keinginan mengunjungi tempat yang mana, salam :)

      Delete
  7. = AGEN TIKET & TOUR DOMESTIK MURAH SIDOARJO KOTA =

    Bingung cari tiket pesawat / kereta api murah ?????
    Kini Beli tiket tidak perlu rumit dan mahal lagi, hanya di Halo Indonesia Tour & Travel.

    KAMI MELAYANI :

    - RESERVASI TIKET PESAWAT
    - RESERVASI TIKET KERETA API
    - VOUCHER HOTEL
    - TOUR DOMESTIK ( Karimunjawa, Jogja, Bali, Lombok, Malang, Rafting, Banyuwangi, Bromo, Dll )
    - PRIVATE TOUR
    - RENTAL ELF, BUS & MOBIL
    - Antar Jemput Tamu & Bandara

    BONUS DARI KAMI :
    - Discount pembelian lebih dari 3 tiket
    - Banyak tiket promo

    = Kami menerima kerjasama perusahaan / instansi sebagai penyedia Tour / Pembelian Tiket Dinas =

    INFORMASI & RESERVASI
    Halo Indonesia Tour & Travel
    P. Sidokare Asri QQ.2 Sidoarjo - JAWA TIMUR
    081235618281 / 085730077308
    54E0B52 / 7ECC7D00
    www.halo-indonesia.com
    Anda bisa menghubungi kami melalui SMS, BBM, Ym Chat, Tlp, email semua 24 jam

    ReplyDelete
  8. informasi bermanfaat jadi pengen backpacker sendirian nih

    One Bedroom Villa Bali

    ReplyDelete
  9. tempat sewa motor dan mobil yang murah di bali , baca lebih lanjut artikel ini : http://goo.gl/SS4D3R

    ReplyDelete
  10. Mba sampai di kuta nya jam berapa ? Pagi ya ?

    ReplyDelete
  11. duh kasian yaa mahasiswi hukum uii, ujianya telat. huhu
    makasih yaa mbak atika atas infonyaa, insya Allah abis Ujian, tanggal 16 januari kesana. doanyaa mbak, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh, hahaha..
      Iya, sama-sama. Enjoy your holiday :)

      Delete
  12. Oya, kalo perjalanan pulang dr tempat nginap menuju ke pelabuhan gilimanuk itu saat pagi atau siang atau bahkan malam ya? Terus misalkan tidak diantarkan oleh ortu tmn mbak ke terminal ubung, sebaiknya naik kendaraan apa ya? Trims sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya sih malam ya, soalnya kereta ada cuma jam 6 pagi aja kalau nggak salah, daripada siang nanti udah nyebrang ke banyuwangi nunggu keretanya seharian, mending malam aja brgkt dr penginapan biar nyebrangnya bisa dapet jam 3 atau 4an.
      Waduh, saya juga agak bingung pas itu, soalnya saya ga di kuta, tergantung dr mana juga kayaknya, atau kalau ga make Go-jek aja mungkin? CMIIW, bali udah ada Go-jek juga kan ya.
      Maaf kalau kurang begitu membantu, tau nya baru segitu aja. hehe :)

      Delete
  13. Share pengalaman juga gan

    Saya juga pernah naik motor jogja-bali, ( 23 Agustus 2015 ) waktu itu H+2 Wisuda saya langsung berangkat ke Bali. Berangkat dari kos ( timur JCM ) jam 04.00 pagi
    Kami berangkat 4 orang - 2 motor. Honda Beat matic, dan Supra 125cc

    Istirahat pertama kali di Solo jam 06.00 "sholat subuh"

    Sarapan di Ngawi jam 08.00
    Sampai di Probolinggo jam 16.00
    Sampai di alas roban jam 19.00, jujur kami sangat takut ketika melewati jalan ini karena isinya hutan dan sepi , paling cuman truk besar yg lewat
    Sampai di Pelabuhan jam 21.00

    Terhitung kami minim istirahat , paling istirahat ketika mengisi bensin selama 15menitan

    Sebelum sampai pelabuhan kami sempat terkena macet karena terlalu banyak truk yang akan masuk ke pelabuhan

    Setelah sampai pelabuhan kami tidak menunggu lama lagi, langsung naik ke kapal ferry ( kapal tiap 20-30 menit sekali ada )

    Biaya 1 motor + 2 orang = 25.000 ( ferry )
    Perjalanan 45menit - 1 jam sampai pelabuhan bali

    Sesampai bali jam 22.00
    Kami berniat melanjutkan perjalanan ke kota denpasar , tapi karena kami melihat di google maps jarak pelabuhan ke denpasar 5 jam, kami memutuskan istirahat di masjid pinggir jalan

    Cukup sulit mencari masjid di pinggir jalan sepanjang perjalanan, karena dari pelabuhan-denpasar selama 2 jam ditengah hutan, saya sarankan siapkan bensin full sebelum naik kapal

    Kamu istirahat sampai jam subuh, melanjutkan perjalanan jam 07.00
    Sampai pantai kuta jam 12.00

    Kami disana menginap di Hotel Mahatma Residence ( Hotel Bintang 3 ) lokasi denpasar selatan tugu Bajra Sandi Renon, walaupun berlabel hotel bintang 3, tapi kami mendapat harga yg sangat miring karena kami menggunakan jasa aplikasi Hotel Quickly.. Aplikasi yg sangat membantu kami, kami dapat diskon sekitar 60%.. Praktis kami hanya membayar / malam = 140.000 untuk 4 orang - muraaah kaaan ???

    Kami sarankan, jika ingin menggunakan aplikasi hotel Quickly, pelajari cara penggunakan aplikasi tersebut .. Googling aja ( kayak MLM aplikasinya ) tapi sangat membantu kami :D

    Kami disana 3 hari 3 malam, biaya bensin 120ribu untuk keberangkatan

    Jika di denpasar, ada warung makanan murah meriah & insyaAllah halal , di selatan tugu Bajra Sandi, di taman kuliner Renon..

    Menu penyetan, nasi dan es teh sepuasnya.. Harga kisaran 12.000 ( Terhitung murah jika di Bali )

    Setelah kami puas liburan di Bali, Kami pulang ke jogja dengan rasa puas dan bangga

    Kami berangkat dari Bali jam 10.00 pagi, sampai di pelabuhan jam 15.00 dan kami memutuskan untuk langsung tancap gas lagi, karena kami ingin menghindari lewat alas roban malam hari.. Dan kami beruntung sampai alas roban jam 17.30 sebelum matahari tenggelam dan kami mendapat bonus sunset, kereeen bangeeeet !!! Sunset di Alas Roban

    Kami sampai pasuruan jam 21.00 , memutuskan untuk istirahat tidur di Gereja Pasuruan.. Untuk pertama kali kami 4 umat muslim bermalam di gereja , tapi nggak papa itu bukan masalah bagi kami

    Pagi jam 08.00 kami melanjutkan perjalanan dan sampai di Jogja Alhamdulillah dengan selamat jam 19.00

    Total biaya yg saya keluarkan 700ribuan

    150 bensin + 150 hotel + 400 Lain-lain

    Saya berencana awal Februari liburan Jogja-Malang ( motoran ) lagi... Silahkan kalau mau gabung :D

    Awal Mei kami ke Bali lagi, dan motoran lagi !!!! InsyaAllah...

    Kami juga mendokumentasikan selama liburan kami di Youtube Channel kami , silahkan kunjungi Channel " Multimedia dan Game Komsi UGM " jika berkenan melihat videonya :D

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih, seru bgt ya mas kayaknya pake kendaraan pribadi, lebih ngirit bgt pasti kan mas ya :D

      Delete
  14. Salam kenal dari Bali, Terimakasih sudah berkunjung ke Bali.
    Kami menawarkan paket prewedding atau family photography (liburan di bali sambil photo prewedding atau family photo)
    3 hari 2 malam hanya Rp. 5.000.000,-
    Sudah termasuk :
    • Menginap 3 hari 2 malam di Hotel atau bungalow di Bali (area Kuta, Seminyak, Sanur, Ubud) tergantung persediaan kamar pada hari pemesanan.
    • Gratis penjemputan di Bandara Ngurah Rai ke hotel
    • Biaya masuk ke lokasi pemotretan
    • Makan siang atau makan malam “Halal Food” (sesuai dengan waktu pemotretan)
    • free mineral water
    • 2 atau 3 Photographer dan 1 assistant photographer
    • Durasi pemotretan 8 – 10 Jam
    • unlimited photo editing (fleksibel)
    • Free slideshow
    • Gratis 1 hari tour (durasi 10 H) mengunjungi objek wisata di bali
    Silahkan hubungi kami di http://www.3daysphotography.com/
    Mobile : 081238128654
    Pin : 524E0631

    ReplyDelete
  15. Artikelnya bagus banget, OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah Liburan ke Karimunjawa cuma 175rb Hubungi 082 234 463 000 One Day Tour Karimunjawa 175rb dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

    ReplyDelete

Berkomentarlah selagi ada lahan untuk menampung :)